You need to enable javaScript to run this app.

MENGENAL MULTIMEDIA INTERAKTIF

  • Senin, 06 Juni 2022
  • Pendidikan
  • Administrator
  • 1 komentar
MENGENAL MULTIMEDIA INTERAKTIF

A. Mengenal Multimedia Interaktif

Ketika mendengar istilah multimedia, kita pasti akan membayangkan sesutu yang hebat yang berkait dengan komputer, dengan gambar diam atau bergerak, serta dilengkapi dengan suara.

Istilah multimedia berawal dari teater. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium atau sering kali disebut dengan pertunjukan multimedia. Lalu apa perbedaan multimedia dengan multimedia interaktif? Untuk memahaminya, pelajari materi berikut dengan sungguh-sungguh!

1. Pengertian Multimedia

Istilah multimedia terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata 'multi' yang mempunyai arti banyak dan 'medium' yang berarti sesuatu yang digunakan untuk memberikan. Dengan kata lain, multimedia merupakan kombinasi atau 

penggabungan teks, gambar, suara, animasi, dan video yang disampaikan dengan komputer atau dimanipulasi secara digital.

 

Multimedia memungkinkan pengguna untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dibandingkan media tabel atau grafik konvensional. Pengguna multimedia dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak, animasi, dan mendengar suara dalam satu waktu. Contoh penggunaan multimedia dalam kehidupan sehari-hari adalah pada saat kita melihat tayangan televisi atau menyaksikan video di handphone.

 

Multimedia dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu:

Multimedia Interaktif

Merupakan multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya. Sebagai contoh bisa kunjungi halaman ini https://belajar.kemdikbud.go.id/edugame

Multimedia Hiperaktif

Merupakan multimedia yang memiliki suatu struktur dari elemen-elemen terkait dengan pengguna yang dapat mengarahkannya. Dapat dikatakan bahwa multimedia jenis ini mempunyai banyak tautan (link) yang menghubungkan elemen-elemen multimedia yang ada. Sebagai contoh blog yang anda kunjungi ini dan halaman blog lainnya.

 

Multimedia Linear

Merupakan multimedia di mana pengguna hanya menjadi penonton dan menikmati

produk multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir. Sebagai contoh Tayangan TV atau Youtube berikut https://www.youtube.com/watch?v=wmAM1lnCOHM

A. Pengertian Multimedia Interaktif

Multimedia interaktif merupakan bentuk media yang menggabungkan banyak unsur dilengkapi dengan alat pengontrol. Dengan demikian, pengguna dapat memilih proses selanjunya secara aktif.

 

Adapun unsur yang digabungkan dalam multimedia interaktif antara lain, teks, grafik (imag), audio, dan interaktivitas. Interaktivitas bukanlah media, tetapi sebuah rancangan di balik program pada multimedia.

 

Dengan adanya interaktivitas, seseorang dapat leluasa mengakses berbagai bentuk media pada program multimedia.

Penggunaan multimedia interaktif biasanya ditemukan pada game yang menyertakan alat sebagai kontrol, sehingga pemain dapat menentukan dalam permainan tersebut.

Multimeda digunakan pada tayangan televisi atau film. Namun, penggunanya tidak bisa mengendalikan dan menentukan proses selanjutnya.

 

Bentuk interaksi multimedia dengan pengguna yakni ketika pengguna menggunakan tombol navigasi untuk melanjutkan ke halaman (frame) selanjutnya dan menginputkan teks pada halaman multimedia.

 

B. Konsep Multimedia Interaktif

Kamu sudah memahami mengenai pengertian multimedia interaktif bukan? selanjutnya adalah mempelajari mengenai konsep multimedia interaktif. Konsep multimedia interaktif dibedakan menjadi multimedia interaktif berbasis web dan media interaktif.

 

Apa yang membedakan keduanya?

Pelajari materi berikut dengan sungguh-sungguh.

 

1. Konsep Multimedia Interaktif Berbasis Web

Seiring kemajuan teknologi informasi, saat ini semua informasi yang ada dari belahan dunia mana pun dapat dengan mudah tersebar ke seluruh penjuru dunia dengan adanya internet (network technology). Era digital yang menghubungkan manusia dengan sistem internet ini membuat dunia sempit, karena dengan mudah dan cepatnya suatu informasi tersebar melalui internet. Penyebaran informasi yang dimaksud dilakukan dengan aplikasi berbasis internet (web).

 

Multimedia interaktif berbasis web merupakan sebuah multimedia yang dapat diakses melalui internet atau intranet. Sekarang ini, pemakaian multimedia interaktif ini lebih banyak dan lebih luas. Banyak perusahaan berkembang yang menggunakan multimedia interaktif berbasis web dalam merencanakan sumber daya dan untuk mengelola perusahaannya. Multimedia interaktif berbasis web dapat ditemukan pada situs Zenius Education, Kelas Kita, Worldwide Telescope, Wolfram Alpha, Ayo Belajar.com, dan lain sebagainya.

 

Salah Satu Keunggulan Aplikasi Berbasis Web adalah bahwa aplikasi tersebut dapat diakses dengan cepat melalui browser dan koneksi internet atau intranet ke server. Hal ini menerangkan bahwa pengguna dapat mengakses data atau informasi melalui laptop, smartphone, atau komputer PC di rumah dengan mudah.

 

Dengan demikian, multimedia interaktif berbasis web artinya bahwa multimedia tersebut cara menjalankan dan mengaksesnya melalui internet (berbasis web).

Perbedaan Aplikasi Berbasis Web, Aplikasi Berbasis Desktop, dan Aplikasi Berbasis Mobile

Saat ini, pegembangan aplikasi untuk perangkat komputasi sedang berkembang. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang semakin lama, semakin cepat saja. Salah satunya perkembangan pesat teknologi mobile dan perangkat smartphone.

 

Perkembangan teknologi inilah yang kemudian berpengaruh pada banyaknya pengembang yang mengembangkan aplikasi-aplikasi baru. Aplikasi-aplikasi itu tidak hanya ditujukan untuk perangkat desktop tetapi juga kiní untuk perangkat mobile. Aplikasi berbasis web atau disebut juga web base, merupakan jenis aplikasi berbasis teknologi web browser. Artinya, aplikasi ini berjalan jika ada browser dan koneksi internet.

 

Aplikasi berbasis web memiliki beberapa ciri sebagai berikut.

  1. Aplikasi berbasis web tidak membutuhkan penginstalan karena untuk mengaksesnya hanya memerlukan peramban atau browser dan jaringan internet.
  2. Selama ada browser dan jaringan internet, aplikasi berbasis web dapat diakses dengan mudah di sistem operasi apa pun. Sistem operasi Windows, MacOS, iOS, Android, Linux, atau sistem operasi lainnya selama ada browser dan tersambung ke internet, maka aplikasi web dapat diakses dengan mudah.
  3. Karena dapat diakses dengan berbagai sistem operasi, maka aplikasi berbasis web dapat dengan mudah diakses melalui berbagai perangkat seperti perangkat PC desktop, laptop, smartphone, ataupun tablet.


 

2. Multimedia Berbasis Media Interaktif

Media interaktif biasanya mengacu pada produk dan layanan digital pada sistem berbasis komputer yang merespons tindakan pengguna dengan menyajikan konten seperti teks, gambar bergerak, animasi, video, audio, dan video. Berbeda dengan multimedia interaktif berbasis web, media interaktif memiliki bentuk berupa aplikasi desktop, cd interaktif, serta aplikasi android.

 

Pemanfaatan media interaktif salah satunya dalam lingkup pendidikan, yang merupakan alat bantu berbasis multimedia yang dapat menjabarkan pesan dan informasi dari guru ke siswa. Media ini dalam prosesnya terjadi komunikasi aktif dua arah antara multimedia dengan pengguna atau yang tujuannya untuk mempermudah proses pembelajaran.

 

Karakteristik media interaktif sebagai berikut:

  1. Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual.
  2. Bersifat interaktif, artinya memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respons pengguna.
  3. Bersifat mandiri, artinya memberi kemudahan dan kelengkapan isi sehingga pengguna dapat menggunakan tanpa bimbingan orang lain.

Contoh media interaktif yang ada misalnya media pembelajaran, video game, dan lain-lain.

SUMBER:

Buku siswa - Desain Media Interaktif

https://www.bahyudinnor.com/2020/07/konsep-multimedia-interaktif-mengenal.html

Bagikan artikel ini:

1 Komentar

"mantapp jadi lebih mengenal multimedia interaktif"
24 Jul 2023 14:10 Pradinata

Beri Komentar

Nurlaili Sunawardhani, S.P.,M.Pd.

- Kepala Sekolah -

SMK Negeri 3 Penajam Paser Utara adalah sekolah menengah kejuruan yang didirikan pada 1 Juli 2008 dengan nomor pendirian...

Berlangganan
Banner
Jumlah Siswa
Kelas X Kelas XI Kelas XII Kelas XIII
225 153 212 25